Kurma Buah Super

Berikut ini artikel tentang Kurma Buah Super, selamat membaca ...

Kurma Buah Super


Pakar Kesehatan, Paul Gross dalam bukunya Buah-buahan Super menyebutkan kurma merupakan salah satu buah super yang ada di bumi. hal ini didasarkan pada kandungan nutrisi, fitokimia, warna serta berbagai uji klinis mengenai manfaat buah kurma. kurma atau dalam bahasa ilmiahnya dactylifera phoenix merupakan buah asli dari Semenanjung Arab, Timur Tengah, dan Afrika Utara. kurma kaya akan gizi, fitokimia, air, dan gula alamiah. kandungan fruktosa dan glukosa dalam kurma adalah sumber energi sekaligus kaya asam amino.

 

kurma juga rendah lemak namun kaya serat, prebiotik, dan pitosterol, yang membantu mengendalikan kadar kolesterol. kurma kaya akan selenium, kalium, kalsium, magnesium, mangan, dan besi yang meningkatkan kekebalan serta melindungi jantung, membangun massa tulang, dan meningkatkan sel darah merah. vitamin B dan vitamin C didalamnya juga penting bagi kesehatan dan kekebalan tubuh. asam lemak omega dalam kurma terbukti me

nyehatkan jantung, kulit, dan otak yang mirip dengan minyak zaitun.

 

kurma juga berfungsi sebagai buah detoksifikasi dan mengurangi radikal bebas dalam tubuh dengan kandungan karotenoid, polifenol, anthocyanin, proanthocyanidins oligomer, tanin, luteolin, quercetin, dan apigenin. dari studi para ilmuwan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab kurma terbukti mampu menekan bakteri menembus membran sel dan mencegah infeksi serta lebih tahan disimpan dalam jangka waktu lama. di Arab, sejak dahulu kurma telah dikenal sebagai pengobatan tradisional untuk banyak kondisi mulai dari gangguan pencernaan, pernafasan dan membangun tulang untuk kehamilan, kelahiran, membantu ibu menyusui, meningkatkan sperma, meningkatkan dorongan seksual, dan kesuburan hingga energi selama melahirkan dan mencegah pendarahan.

 

kurma adalah buah penuh berkah yang telah diwasiatkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam untuk menu awal buka puasa. dari Salman bin Amir Radhiyallahu Anhu berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda "apabila salah seorang diantara kalian berbuka puasa, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena air adalah bersih" (Riwayat Abu Dawud dan AT Tirmidzi) dan Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, "sesungguhnya Rasulullah berbuka sebelum sholat [maghrib] dengan memakan beberapa ruthab [kurma segar / kurma basah], apabila tidak mendapatkannya maka Beliau berbuka puasa dengan tamr [kurma kering]. apabila tidak mendapatkan keduanya maka Rasulullah berbuka puasa dengan beberapa teguk air"

 

mengapa berbuka puasa dengan kurma ? secara ilmiah jika kita berbuka puasa dengan kurma, organ pencernaan manusia [khususnya lambung] membutuhkan sesuatu yang lembut agar bisa bekerja lagi dengan baik. jadi makanan yang masuk harus yang mudah dicerna dan juga mengandung gula dan air. tidak ada makanan yang mengandung gula dan air yang lebih baik daripada kurma. kurma mengandung zat gula yang tinggi yaitu antara 75 % - 87 % dan glukosanya sebanyak 55 %, fructose [fraktosa], 45 % lebih tinggi dari jumlah protein, minyak, dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B2, B12, dan sejumlah zat penting lain antara kalsium, phosphor, potassium, sulfur, sodium, magnesium, cobalt, zinc [seng], florin, nuhas [tembaga], salyolosa, dan sebagainya. fraktosa akan diubah menjadi glukosa dengan cepat dan lansung diserap oleh organ pencernaan kemudian dikirim ke seluruh tubuh khususnya ke organ - organ inti seperti otak, syaraf, sel darah merah, dan sel pembersih tulang.

 

penelitian yang dilakukan oleh Dr. Abdurrouf Hisyam dan Dr. Ali Ahmad asy-Syahat membuktikan kurma merupakan makanan terbaik untuk berbuka puasa. berikut ini hasil penelitiannya :

1. mengkonsumsi kurma basah atau kurma kering ketika memulai berbuka puasa memberikan suplai kadar zat gula yang besar bagi tubuh dan menghilangkan gejala kekurangan zat gula dan memberikan semangat bagi tubuh.

2. kosongnya lambung dan usus dari makanan membuat keduanya mampu untuk menyerap zat gula sederhana dari kurma dengan sangat cepat.

3. kandungan unsur gula dalam bentuk kimiawi sederhana yang terkandung dalam kurma basah dan kurma kering membuatnya mudah untuk dicerna, karena 2/3 dari unsur gula [glukosa] terdapat dalam kurma dalam bentuk susunan kimiawi yang sederhana. dengan demikian, naiknya kadar gula dalam darah ketika berbuka puasa dapat terjadi dalam waktu singkat.

4. kurma yang direndam dalam air dan kurma basah yang mengandung air hingga 65 % - 70 % mampu menyediakan air bagi tubuh dengan prosentasi yang baik, maka tidak perlu minum air dalam jumlah besar pada saat berbuka puasa.

 



Mudah-mudahan Kurma Buah Super di atas mudah difahami serta bermanfaat bagi Anda :)
---
SUMBER artikel Kurma Buah Super dari: facebook /notes/hadist-nabi-muhammad-saw/kurma-buah-super/347501938675872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar