Berinteraksi dengan Al Qur'an

Berikut ini artikel tentang Berinteraksi dengan Al Qur'an, selamat membaca ...

Berinteraksi dengan Al Qur'an


Rasulullah dan para salafush shalih senantiasa berinteraksi secara intesif dengan kitab suci Al Qur'an di sepanjang kehidupan mereka. Bagi mereka, Al Qur'an adalah makanan harian, ada yang mengkhatamkan bacaan Al Qur'an setiap 10 hari, seminggu sekali, atau tiga hari sekali. Imam Syafi'i bahkan menuntaskan 60 kali bacaan Al Qur'an pada setiap bulan Ramadhan.


 


Komitmen mereka terhadap Al Qur'an terbentuk sedemikian rupa karena keyakinan yang mendalam bahwa kunci kesuksesan, rahasia kemenangan, dan kebahagiaan hidup tersimpan dalam Al Qur'an. Untuk menyingkap kunci dan rahasia tersebut tentu saja harus diawali dengan banyak membacanya (Qur'an Surah 29:45, 33:34). Langkah berikutnya adalah memahami bacaan tersebut (Qur'an Surah 3:7) dengan membaca terjemah dan tafsirnya. Selanjutnya, mempraktekkan ajaran Al Qur'an dalam kehidupan nyata (Qur'an Surah 2:121, 3:31) dengan cara berusaha 'berkonsultasi' dengan kitab pedoman hidup itu dalam menghadapi dinamika dan problematika kehidupan.


 


Untuk membangun kedekatan dengan Al Qur'an diperlukan kesabaran tingkat tinggi dan istiqamah karena penghalang dan godaannya memang tidak sedikit. Godaan bisa berasal dari faktor internal yaitu jiwa yang lemah dan malas maupun faktor eksternal yaitu syetan yang senantiasa berusaha menjauhkan kita dari Al Qur'an dan lingkungan yang tidak kondusif. Namun, dengan niat ikhlas karena Allah, usaha terus - menerus, dan banyak berdoa maka kedekatan itu akan tercipta. Kesungguhan kita mendekatkan diri pada Al Qur'an akan mengundang datangnya pertolongan dari Allah. Hingga pada satu titik tertentu, semua kesulitan dalam perjuangan membangun kebersamaan dengan Al Qur'an itu akan berubah menjadi kenikmatan.




Mudah-mudahan Berinteraksi dengan Al Qur'an di atas mudah difahami serta bermanfaat bagi Anda :)
---
SUMBER artikel Berinteraksi dengan Al Qur'an dari: facebook /notes/hadist-nabi-muhammad-saw/berinteraksi-dengan-al-quran/369531299806269

Tidak ada komentar:

Posting Komentar