Tempat Yang Paling Baik Untuk Melaksanakan Shalat Sunnah...

Tempat Yang Paling Baik Untuk Melaksanakan Shalat Sunnah...

Inilah uraian dari Tempat Yang Paling Baik Untuk Melaksanakan Shalat Sunnah... selengkapnya ..

Shalat sunnah boleh dikerjakan di masjid, di rumah, dan di tempat-tempat lain yang suci. Akan tetapi, mengerjakannya di rumah jauh lebih utama, terkecuali untuk shalat-shalat sunnah yang memang disyari'atkan untuk dikerjakan secara berjama'ah, seperti shalat sunnah Tarawih, maka mengerjakannya di masjid adalah lebih utama.


Adapun shalat sunnah yang tidak disyari'atkan untuk dikerjakan secara berjama'ah, maka ada banyak hadits yang menjelaskan bahwa mengerjakan di rumah adalah lebih utama. Di antara hadits-hadits tersebut ialah hadits yang diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit, bahwa Rasulullaah saw. bersabda:


"Sesungguhnya shalat seseorang yang paling utama adalah yang dikerjakan dirumahnya, kecuali shalat fardhu." (H.R. Imam Bukhari & Muslim)


Didasarkan pula pada hadits yang diriwayatkan oleh Jabir ra.* & Ibnu Umar ra.**, yang semuanya menyatakan bahwa shalat seseorang yang paling utama adalah yang dikerjakan di rumahnya, kecuali shalat fardhu.


Semoga ALLAH Swt. selalu memberikan kepada kita sikap istiqamah untuk selalu berusaha melaksanakan sunnah-sunnah Rasulullaah saw., amiin..


* Baca Shahih Muslim hadits no. 778

** Baca Shahih Bukhari hadits no. 432 dan Shahih Muslim hadits no. 777



---
facebook/notes/sunnah-rasul/tempat-yang-paling-baik-untuk-melaksanakan-shalat-sunnah/83331299926

Tidak ada komentar:

Posting Komentar