Hadirkan Hatimu

Hadirkan Hatimu

Inilah uraian dari Hadirkan Hatimu selengkapnya ..

Anjuran Berdoa Tapi Jangan Kosong Hati

 

"…Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Al-Mu’min: 60)  

 

“Ketahuilah, sungguh Allah tidak akan mengabulkan doa dari hati yang lupa dan lalai.” (HR. Tirmidzi & Hakim)

 

Hadirkan Hatimu Ketika Berdoa

Hati yang lalai, hati yang kosong ketika berdoa, atau hanya bibir saja yang bergerak tanpa ada perasaan apa-apa ketika berdoa, pasti doanya jauh dari Kabul.

 

Ar-Razi mengatakan:

“Para ulama sepakat bahwa doa yang diucapkan dengan hati kosong pasti sedikit manfaatnya dan tidak ada pengaruh apa-apa.”

 

Jadi baiknya gini saja, ketika doa sambil ingat-ingat dosa-dosa kita, ingat maksiat yang pernah kita lakukan. Pasti hati sedih dan pastinya ada rasa memelas agar Allah juga sudi mengampuni dosa-dosa. Hadirkan pula rasa bahwa tidak lama kita akan mati, dan tidak ada yang bisa menolong di kubur dan akhirat nanti kecuali Allah. Sambil ingat pula bahwa kita jauh dari soleh, jauh dari orang takwa, pastinya hati bakalan malu.

 

Ketika Hati Kosong…

Hati tidak bergetar ketika berdoa, badan TIDAK merinding ketika ingat dosa, air mata SULIT menetes, maka suluit sekali doa itu terkabul.

Didik dulu jiwa raga, agar hati bisa hadir ketika berdoa. Jangan seperti minta kepada bapak ibumu ketika doa, tidak seperti minta kepada teman, tetangga ataupun seperti minta duit ke suami atau istrimu. Maka tidak ada alasan jika ada yang berkata:

“ Saya dah doa kok... Tapi kagak dikabulin juga…”

Coba cek hatinya dulu, periksa jiwa raganya dulu... Apakah bergetar hatinya ketika doa???

 

Semoga bermanfaat

Ust. Ackmanz Lc




---
facebook/notes/kajian-tafsir-al-quran/hadirkan-hatimu/10150115199126315

Tidak ada komentar:

Posting Komentar