^_^ AKHIRNYA POHON KELENGKENG (MATA KUCING) ITU BERBUAH ^_^

^_^ AKHIRNYA POHON KELENGKENG (MATA KUCING) ITU BERBUAH ^_^

Inilah uraian dari ^_^ AKHIRNYA POHON KELENGKENG (MATA KUCING) ITU BERBUAH ^_^ selengkapnya ..

Kapan, dimana dan Bagaimana Hidayah dari Allah Swt itu datang kepada Setiap hamba NYA ......?

Wajib mencari Ilmu dan Menyampaikan ilmu walaupun tidak dihiraukan ........?

Kenapa Harus Bersabar dan tidak boleh berputus asa ......? 

DLL

^_^ Silahkan diterjemahkan sendiri ^_^

 

15 TAHUN yang lalu orang tuaku membawa sekeranjang penuh buah kelengkeng, hasil panenan Kebun Paman Di PACET, MOJOKERTO, JAWA TIMUR. Buah kelengkeng itu telah berjalan Kurang Lebih 250 - 300 Km dari Tempatnya berasal. melewati kurang lebih 5 - 6 Kabupaten / kota untuk bisa sampai ke tempat saya.

 

Buahnya Kecil seukuran buah Anggur Merah, akan tetapi berbeda karena kulitnya kasar dan tidak bisa dimakan, bijinya juga besar, hitam, dan ada sedikit warna putih dibagian atasnya (tempat keluarnya tunas baru), buahnya halus dan lembut serta kenyal seperti buah rambutan atau siwalan,  akan tetapi daging buah kelengkeng hanya sedikit karena itu tidak cukup dengan hanya memakan beberapa Buah saja, bahkan jika kita makan satu kilo sama halnya dengan makan buah Anggur 1/2 kilo atau Rambutan 1/4 Kilo.

 

^_^ BEDA ANGGUR, BEDA RAMBUTAN , BEDA KELENGKENG  ^_^

 

Karena Tertarik dengan Rasanya yang lezat ('o') , disamping Itu Harga Jualnya yang Lumayan Mahal :P , saya pun berniat untuk menanam Pohon Kelengkeng itu di depan rumah dan beberapa pohon di kebun.

 

Ah...... Tapi Bagaimana cara Menanam Pohon Kelengkeng ini.....?

Saya pun lantas bertanya kepada Ahli pertanian, Kebetulan Paman Dari Ibuku bekerja di DINAS PERTANIAN, Itung itung sambil silaturahmi ^_^, dari Paman ku saya mendapatkan sedikit ilmu menanam pohon, dan dijelaskan  Proses mulai dari biji sampai Pohon Kelengkeng Itu Berbuah membutuhkan waktu kurang lebih 10 - 12 Tahun, Akan Tetapi Kelengkeng tidak Cocok jika ditanam di tempat tinggal ku (kampung saya. Mendengar Penjelasan dari Paman saya jadi kehilangan semangat untuk menanam Pohon Kelengkeng. yach..... mungkin ini memang Takdir....!"gumam ku dalam hati.

 

Akhirnya saya pun tidak jadi menanam biji pohon kelengkeng itu, dan kubatalkan niat untuk menanam pohon kelengkeng itu. Dalam SEKERANJANG PENUH mungkin terdapat 300 - 500 Buah Pohon Kelengkeng dan itu berarti 300 - 500 Pohon Kelengkeng, dan sekarang hal itupun terbuang percuma karena tidak bisa di Tanam di daerahku. benih - benih pohon kelengkeng yang pada awalnya hendak saya tanam itupun saya biarkan berserakan di depan rumah dan sebagian lagi di buang di tempat pembuangan sampah.

 

hari berganti hari , minggu berganti minggu bulan berganti bulan saya menjalani aktivitas kehidupan seperti biasanya tanpa teringat lagi akan niat untuk menanam pohon kelengkeng, sampai suatu waktu , sepulang dari Kuliah saya melihat beberapa beberapa Tunas bermunculan diantara Rerumputan yang tumbuh di halaman Rumah, Tunas itu lain dari pada rumput yang tumbuh dihalaman Rumah. karena penasaran saya pun mendekati tunas itu memeriksa Daun dan Batangnya, hm........ pohon apa ini ya......? melihat tunas baru yang lain dari tumbuhan di sekitarnya saya pun mencabut 1 dari beberapa tunas yang tumbuh di halaman rumah dan menanyakan nya kepada Paman Saya yang bekerja di DINAS Pertanian dan saya akhirnya mengetahui bahwa Tunas Itu Adalah Pohon Kelengkeng. ^_^

 

Alhamdulillah....... Ternyata Pohon Kelengkeng Bisa Tumbuh di Tempat saya. Namun sekali lagi pernyataan dari Paman saya yang Ahli Pertanian melemahkan semangat saya untuk menanam pohon kelengkeng, karena beliau berkata bahwa Meskipun Pohon kelengkeng Itu bisa tumbuh , nantinya tidak akan bisa berbuah.  Namun kali ini saya tidak mengindahkan Nasehat Paman dan Niat untuk menanam Pohon kelengkeng pun terlintas kembali, dan kali ini saya tidak lagi mengharapkan Buah nya , karena Batang Pohon kelengkeng yang Kering  masih bisa saya gunakan Untuk Bahan Bakar dan Dedaunannya bisa saya gunakan untuk campuran Pupuk Kandang.

 

saya pun mencabuti tunas - tunas itu dan saya tanam di Kebun dengan Rapi berjejer dengan Jarak 5 Meter Per Pohon Kelengkeng. Saya siram dan saya Kasih Pupuk Kompos, sesekali saya juga memakai pupuk buatan pabrik. Hari pun  berganti minggu , bulan berganti tahun, berjalan begitu cepat tidak terasa seolah olah baru kemarin saya menanam pohon kelengkeng itu. 10, 11 , 12, 13, Tahun Pohon kelengkeng itu sudah tumbuh kurang lebih 15 - 20 meter, dan tidak ada tanda tanda akan berbunga dan menghasilkan buah. namun batangnya yang kering sudah sangat bermanfaat bagi saya dan tetangga untuk bahan bakar, Daun-daun yang berguguran pun banyak sekali menolong para petani sebagai tambahan pupuk Kompos.

 

Hingga Suatu ketika Musim Penghujan Datang Begitu Lama kurang lebih hampir 7 bulan. Batang Pohon Kelengkeng yang kering pun semakin jarang bisa dimanfaatkan, hanya daun - daun yang sudah tua masih tampak berjatuhan dan bisa dimanfaatkan. dan seperti biasa sore itu saya hendak mengambil daun - daun kering yang berserakan di bawah pohon kelengkeng yang berada di kebun.

 

Dari jauh saya lihat bintik bintik putih nampak menghiasi Pucuk ranting pohon kelengkeng. bintik bintik putih itu nampak begitu indah menghiasi seluruh bagian dari pohon kelengkeng seolah olah pohon kelengkeng itu tidak memiliki daun sedikitpun karena yang nampak hanya bintik bintik putih yang bersinar indah menyelimutinya.

 

pandangan saya tak mau pergi dari melihatnya setapak - demi setapak kulangkahkan kaki mendekati kebun kelengkeng itu, semakin dekat , dan semakin mendekat , semakin nampak jelas bintik bintik putih itu adalah Bunga pohon kelengkeng. ^_^ Alhamdulillah.......... ya.... Allaah......  yang maha pengasih lagi maha penyayang ,

 

"Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman."

Al An'aam : 99

 

^_^ dan Pohon Kelengkeng Itu pun Kini berbuah lebat setiap Tahun ^_^ Menghasilkan Buah dan Biji yang akan menghasilkan Pohon - Pohon Kelengkeng yang baru.

 

Wallahu A'lam



---
facebook/notes/membaca-al-quran/_-akhirnya-pohon-kelengkeng-mata-kucing-itu-berbuah-_/10150115995581428

Tidak ada komentar:

Posting Komentar